PKL Samarinda Produk UMKM, Damayanti: Harus di Kelola dengan Baik dan Berikan Ruang Berusaha

INSPIRATORNEWS.COM SAMARINDA – Keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) sangat menunjang kelangsungan ekonomi kecil dapat tumbuh dan berkembang agar kesejahteraan warga dapat terjamin.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Samarinda, Damayanti mengharapkan keberadaan PKL sangat penting untuk menumbuhkan ekonomi kreatif dan nenggairahkan pedagang kecil untuk tumbuh dan berkembang.

“Saya harapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda dapat memberikan ruang bagi pedagang kali lima (PKL) di kota Samarinda,” kata Damayanti.

Memberikan ruang bagi PKL merupakan bentuk untuk menghindari peningkatan angka kriminalitas dari lingkungan sosial dan memberikan ruang hidup masyarakat.yang sejahtera.

Menurutnya pemerintah daerah idealnya melakukan pembinaan, seperti pemberdayaan UMKM agar masyarakat tidak kembali terbebani terhadap problem tersebut.

“Keinginan masyarakat juga harus bisa diterima, misalnya Pemkot melakukan pembinaan UMKM agar ruang kerja bertambah lebih banyak,” harapnya.

Kendati demikian, Damayanti mendukung Pemkot dalam menciptakan kota bersih dan layak huni. Tetapi perlu juga memperhatikan kebutuhan warga sehingga tidak memicu konflik di tengah masyarakat.

Ketika berbicara dengan penghasilan warga maka Pemkot harus bisa menangkap itu, sebab mereka juga perlu menghidupkan keluarga mereka dengan cara berjualan,” tuturnya.

Namun, disisi lain Pemkot juga menginginkan tatanan kota yang bersih dan tertib agar keinginan seluruh elemen masyarakat bisa terus berlanjut.

“Kami berharap pemerintah dspat memberikan fasilitas atau kelonggaran kepada PKL yang berjualan, dengan catatan tidak melanggar aturan (Perda) dan di kelola dengan rapi,” imbuhnya. (Zlf/ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *