Kebutuhan Sembako Terus Dijaga, Shania: Pemkot Harus Rutin Lakukan Sidak

INSPIRATORNEWS.COM SAMARINDA – Kebutuhan akan ketersediaan pangan di Kota Samarinda khususnys menjelang bulan Ramadhan harus tersedia karena permintaan masyarakat dalam hal stok pangan pasti melonjak.

Menurut Anggota Komisi II DPRD Kota Samarinda, Shania Risky Amalia menegaskan kepada sejumlah awak media, bahwa sejak saat ini pemerintah harus mengambil langkah cepat antisipasi terkait stok pangan menjelang Ramadhan ini.

Lanjut Shania, agar kebutuhan pokok masyarakat dapat stabil, perlu untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda mengoptimalkan perangkat sering lakukan sidak ke pasar dan pergudangan secara rutin dan berkala.

“Ini yang hal perlu dilakukan guna memastikan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) di pasar maupun pergudangan agar terkontrol dan stabil, dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat,” kata Shania.

Memang diakui bukan hanya Kota Samarinda yang akan membutuhkan ketersediaan pangan atau mengalami kelangkaan pangan, akan tetapi semua daerah akan mengalami damoak tersebut.

“Maka dari itu, pemerintah harus cepat tanggap terkait situasi ini, jangan sampai nanti timbul keresahan masyarakat karena stok pangan berkurang dan harga melonjak,” ujarnya.

Dan yang kebih penting pengawasan dan kontrol kepada para agen, agar jangan berani berspekulen seperti menimbung atau menaikkan harga secara sepihak.

Ketika disinggung terkait stok pangan, Samarinda mengandalkan dari luar kota, Shania berharap perlu penguatan kepada petani kita, agar dipenuhi melalui hasil panen petani yang maksimal, maka akan ada perputaran ekonomi yang kuat di sebuah daerah, artinya siklus ekonomi lokal yang sehat bisa terjadi.

“Termasuk peran serta pemerintah didalam pemberdayaan para petani agar mendapatkan pengetahuan dan hasil yang baik serta perlunya sarana dan prasarana oendukung lainnya misalnya pupuk, bibit dan alat pertanian lainnya,” imbuhnya. (ADV/ zlf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *