Tingkatkan SDM Unggul dan Berkualitas, Pemkab Paser Gelar Jambore Cegah Stunting

INSPIRATORNEWS.COM TANA PASER – Pemerintah Kabupaten Paser melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) mengadakan Jambore bagi kader institusi kader pedesaan (IMP) dan tim penggerak keluarga (TPK), di Hotel Kyriad Sadurengas Tanah Grogot, Rabu (23/10/2024).

Dalam sambutannya Pj Bupati Paser, diwakili Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Paser, Amir Faisol, mengatakan penting bagi kader memiliki wawasan tentang kontrasepsi, sebagai bekal dalam mengedukasi pasangan usia subur.

“Sehingga pengetahuan tersebut bermanfaat dalam peningkatan kualitas keluarga,” kata Amir.

Amir mengapresiasi para kader yang telah bekerja sehingga Pemkab Paser meraih penghargaan dari Pemprov Kaltim atas capaian tertinggi cakupan pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting pada Juni lalu.

Paser ditetapkan sebagai satu dari 3 kabupaten di Kaltim yang telah berhasil mempercepat penurutnan stunting.

Amir menerangkan, Berdasarkan Data SKI, prevalensi stunting di Kabupaten Paser Tahun 2023 turun dari 24,9% menjadi 22,4%.

Sementara itu, Sunarto pemateri Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur mengatakan permasalah stunting bukan hanya persoalan kurangnya asupan gizi pada anak, melainkan faktor-faktor lain misalnya tidak adanya masyarakat terhadap akses sarana air bersih.

Oleh karena itu melalui kegiatan Jambore, diharapkan peserta dapat saling bertukar informasi dan pengalaman mengenai penanganan stunting.

Kegiatan jambore ini bukti kita semua punya komitmen yang kuat untuk meningkatkan kualitas SDM yang dicanangkan tahun 2045 sebagai tahun SDM unggul dan berkualitas,” kata Sunarto.

Dalam kegiatan pembukaan jambore tersebut dihadiri perwakilan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), kepala perangkat daerah, sejumlah kepala desa, pimpinan perusahaan, petugas puskesmas, dan organisasi kemasyarakatan (ormas) dan undangan lainnya. (Zlf/ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *