SMP Negeri 1 Long Bagun Peringati Hari Batik Nasional, Seluruh Siswa dan Guru Wajib Pakai Batik

Mahulu81 Dilihat

INSPIRATORNEWS.COM LONG BAGUN – Setiap tanggal 2 Oktober SMP Negeri 1 Long Bagun memperingati hari batik Nasional, Para guru dan siswa wajib menggunakan batik, mulai dari ciri khas batik sub suku yang ada sampai motif batik yang ada di Indonesia.

Menurut keterangan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Long Bagun Albensius, ketika di jumpai media Inspiratornews.com Rabu (2/10/2024) mengatakan beliau sudah intruksikan Sekolah SMP Negeri 1 Long Bagun ini menggunakan batik, khusus di tanggal 2 Oktober.

Lanjut Albensius, kami mengajak seluruh keluarga besar sekolah di Kabupaten Mahulu untuk tidak lupa menggunakan batik. Karena batik merupakan warisan dan simbol kebudayaan yang wajib untuk dilestarikan.

‘’Bangsa Indonesia punya berbagai keragaman budaya di ribuan pulau, termasuk budaya pakaian batik. Jika bukan kita sendiri yang menjaganya, lalu siapa lagi, karenanya mari kita memakai batik, yang merupakan simbol kebudayaan yang wajib kita lestarikan,’’ katanya.

Selain itu dikatakan Albensius, batik juga sebagai warisan leluhur indonesia dan karya anak bangsa yang bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan serta rasa bangga masyarakat indonesia terhadap kebudayaan bangsanya. “Memakai pakaian batik, artinya kita sudah bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia,’’ tegasnya.

Harapan beliau kepada seluruh Sekolah yang ada di Mahakam Ulu mulai dari SD sampai SMA untuk menggunakan batik di tanggal 2 Oktober ini, “Sebagai penghargaan dan memperkenalkan batik Nasional sebagai pakaian resmi,” imbuhnya. (Sonita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *