Sarana Pendidikan Belum Memadai, DPRD Kukar Dorong Peningkatan Anggaran

INSPIRATORNEWS.COM TENGGARONG – Geliat dunia pendidikan di Kabupaten Kutai Kartanegara perlahan sudah sedikit mengalami peningkatan, walaupun di daerah pinggiran atau pelosok desa masih ada sarana penunjang belum memadai.

Untuk itu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Kartanegara Agustinus Sudarsono mendorong Pemkab Kukar meningkatkan sarana dan prasarana (Sapras) pendidikan di seluruh kecamatan sampai prlosok desa.

“Kita komitmen akan tingkatkan standar pendidikan di daerah,” kata Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Agustinus Sudarsono Senin (21/10/2024).

Ia menegaskan akan memperjuangkan rencana pembangunan gedung kelas baru bagi sekolah-sekolah yang tidak layak, kekurangan kelas atau masih menggunakan bangunan lama. “Pendidikan yang berkualitas itu dimulai dari fasilitas sekolah yang memadai,” sebutnya.

Agustinus mengungkapkan, sekolah yang gedungnya dalam kondisi tidak layak akan berpengaruh kepada semangat belajar siswa. Dengan menyediakan gedung yang baru dan layak, proses belajar mengajar akan jauh lebih baik.

Kini, pihaknya telah berfokus untuk mengidentifikasi sekolah-sekolah yang paling membutuhkan, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) untuk melakukan evaluasi terhadap kondisi gedung sekolah.

Sekolah-sekolah itu terutama berada di daerah jauh, seperti Tenggarong Seberang, Sebulu, dan Muara Kaman. “Kami ingin menciptakan ruang yang dapat berkontribusi pada tumbuhnya kreativitas dan inovasi anak anak kita di Kukar,” ujarnya.

Ia mengingatkan, bantuan pendidikan tidak hanya terbatas pada pembangunan fisik, memperhatikan kualitas pengajaran dan penyediaan sarana mengajar, serta pelatihan bagi guru juga sangat penting.

“Saya harap agar sekolah-sekolah di Kukar, khususnya di wilayah pelosok bisa dapat fasilitas sama rata,” jelas Agustinus.

“Semoga di tahun ini 2024 sarana pendidikan di Kukar lebih meningkat dan akan mendapatkan porsi anggaran besar,” imbuhnya. (Zlf/ADV)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *