Pj Gubernur Kaltim Pimpin Upacara Hardiknas, Tekankan Merdeka Belajar Dilanjutkan

Kaltim70 Dilihat

INSPIRATORNEWS.COM SAMARINDA – Penjabat Gubernur Kalimantan Timut Akmal Malik menegaskan untuk Program Merdeka Belajar akan terus dilanjutkan, seperti arahan Pak Menteri Nadiem Makarim, Kaltim akan berkomitmen melanjutkan karena dalam lima tahun ini cukup banyak perubahan, fasilitas dalam kurikulum, siswa lebih merdeka, guru-guru juga lebih kreatif.

Hal tersebut dikatakan Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik saat memimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024
di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (2/5/2024) pagi.

Menurut Akmal, inovasi ini membuat banyak perubahan di lima tahun terakhir. Konsep utama dari merdeka belajar yaitu terletak pada materi yang lebih fleksibel dan esensial supaya bisa sesuai dengan bakat, minat serta kebutuhan masing-masing peserta didik. Pada tingkat sekolah, program ini memberikan fleksibilitas dan otoritas untuk melakukan pengelolaan pendidikan.

“Seperti arahannya Pak Menteri, program Merdeka Belajar komitmen kita lanjutkan. Karena di 5 tahun terakhir cukup banyak perubahan. Kita lihat fleksibilitas dalam kurikulum, kemudian juga siswa lebih merdeka, guru-guru juga bisa lebih kreatif dan kita juga berharap kedepan akan muncul inovasi-inovasi baru. Program merdeka belajar kita lanjutkan,” ucap Akmal.

Lanjut Akmal, dengan adanya kurikulum ini  juga tidak lepas dari tantangan yang harus dihadapi. Untuk di Kaltim sendiri, menurut Akmal adalah masih pada persoalan mindset atau cara berpikir. Karena tidak semua orang serta merta bisa langsung menerima perubahan tapi ingin hasil yang cepat. Padahal semua butuh proses.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik, mengungkapkan bahwa provinsi ini akan terus mendorong dan menjalankan program Merdeka Belajar, sebuah inisiatif yang telah dicanangkan oleh Nadiem Makarim untuk mereformasi sistem pendidikan nasional.

“Seperti arahannya Pak Menteri, program Merdeka Belajar komitmen kita lanjutkan. Karena di 5 tahun terakhir cukup banyak perubahan. Kita lihat fleksibilitas dalam kurikulum, kemudian juga siswa lebih merdeka, guru-guru juga bisa lebih kreatif dan kita juga berharap kedepan akan muncul inovasi-inovasi baru. Program merdeka belajar kita lanjutkan,” ujar Akmal.

Selain peringatan Hardiknas, dikesempatan itu juga diserahkan beberapa bantuan seperti kendaraan operasional, bantuan alat musik, permainan tradisional, sertifikat serta bantuan bibit bagi SMA/SMK se-Kaltim.

Upacara Hardiknas pula dihadiri ratusan pelajar, mahasiswa, guru dan dosen. Hadir juga jajaran Forkopimda di lingkup Pemprov Kaltim, dan Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Akhmed Reza Fachlevi. (Zlf)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *