Ketua DPRD Kukar Definitif Sebentar Lagi Ditetapkan

INSPIRATORNEWS.COM TENGGARONG – Kursi Ketua DPRD Kutai Kartanegara definitif sebentar lagi skan terisi, dimana pemilik kursi DPRD Kukar adalah Partai dengan suara terbanyak yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Kemungkinan pekan depan sudah ada Ketua DPRD defenitif,” kata Ketua DPRD Kukar sementara Farida, beberapa hari yang lalu di ruang serba guna DPRD Kutai Kartanegara.

Menurut Farida, DPRD Kukar akan segera memiliki ketua definitif usai proses penetapan dan pengukuhan.

Kini, pihaknya pun masih menunggu usulan nama dari partai dengan perolehan kursi terbanyak dalam Pemilu 2024. Nama yang diusulkan tersebut merupakan ketentuan dari partai, dalam hal ini PDI Perjuangan (PDIP).

PDIP sendiri menjadi partai yang berhasil mengumpulkan 16 kursi dalam pesta demokrasi pada 14 Februari 2024 lalu.

“Hasil rapat kemarin kalau bisa segera bulan ini. Tapi kami tidak tahu, karena ketentuan dari partai, apakah sudah siap atau belum,” sebutnya.

Politikus PDIP ini menyebut penentuan ketua definitif merupakan langkah krusial yang harus segera diselesaikan guna memastikan keberlanjutan kinerja DPRD Kukar dalam menjalankan fungsi legislasi, pengawasan dan penganggaran.

Saat ini, Farida yang terpilih melalui Dapil Loa Kulu, Loa Janan dan Samboja Barat  didampingi Wakil Ketua Sementara asal fraksi Golkar Heri Asdar. Golkar peraih kursi terbanyak setelah PDIP. Farida menyebut nama-nama calon Ketua DPRD Kukar masih dibahas oleh DPP PDIP. “Jika tidak ada halangan, Rabu depan sudah keluar namanya,” ucapnya. Dirinya berharap agar secepatnya ada pimpinan DPRD definitif karena saat ini sudah masuk pembahasan APBD-Perubahan 2024.

Namun, jika posisi ketua DPRD definitif belum ada, dirinya selaku ketua sementara masih sah untuk mengesahkan APBD-Perubahan. “Berdasarkan Surat Edaran Kemendagri RI yang baru, ketua sementara masih bisa melakukan pengesahan APBD-P 2024,” jelasnya.

“Kita berharap secepatnya atau minggu depan sudah ada ketua DPRD Kukar definitif,” imbuhnya. (Zlf/ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *