Hasil Kerajinan Warga Kampung Long Isun di Pamerkan di Ajang Expo Bumdes Kaltim

Samarinda137 Dilihat

INSPIRATORNEWS.COM SAMARINDA – Sebagai bentuk perhatian dan kepedulian Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur terhadap usaha kerajinan di pedesaan agar lebih maju dan meningkat untuk menopang ekonomi masyarakat agar dapat berkembang demi untuk meningkatkan perekonomian di pedesaan.

Untuk itu, Pemerintah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kaltim mengadakan acara Expo Bumdes Kaltim tahun 2023 yang dilaksanakan pada 16-18 Jun 2023i di Anjungan Big Mall Samarinda.

Salah satu peserta Expo Bumdes Kaltim 2023 adalah Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) Kampung Long Isun Kecamatan Long Pahangai Kabupaten Mahakam Ulu ikut serta dalam ajang tersebut dan banyak menampilkan hasil kerajinan tangan warga Kampung Long Isun.

Nyuk Jalaq Petinggi Kampung Long Isun

Adapun yang di tampilkan adalah hasil kerajinan tangan seperti keranjang, tas, topi,  Seraung, manik-manik, anyaman dan ukiran khas Suku Dayak.

Selain itu juga di tampilkan hasil panen pertanian seperti hasil panen padi gunung dan pembuatan gula merah khas Dayak yang terbuat dari pohon tebu.

Menurut Petinggi Kampung Long Isun Nyuk Jalaq kepada Media Inspiratornews.com di lokasi pameran Sabtu (17/6/2023) mengatakan tujuan ikut di acara ini adalah membantu warga kampung Long Isun untuk mempromosikan hasil kerajinan warga berupa anyaman yang terbuat dari rotan.

“Kami sangat apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Mahulu dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur yang telah membantu dan mendukung kita sehingga bisa hadir dan berpartisipasi dalam acara Expo Bumdes ini,” kata Nyuk Jalaq.

Di pengelolaan Bumka Kampung Long Isun kami juga mengelola jasa penginapan bagi tamu yang datang ke kampung serta pengelolaan distribusi air minum dari mata air pegunungan.

“Kami harap kepada pemerintah untuk lebih sering mengadakan acara seperti ini, agar semua hasil produksi kerajinan tangan warga dapat di jual atau di kembangkan kedepannya,” pungkasnya. (zlf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *