DPRD Kukar Periode 2024 – 2029 Tetapkan Enam Fraksi Pada Sidang Paripurna Ke-3

INSPIRATORNEWS.COM TENGGARONG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Kartanegara periode 2024 – 2029 melaksanakan Rapat Paripurna ke-3 Masa Sidang I dengan agenda Perubahan Jadwal dan Pengumuman Nama Fraksi dan Jumlah Fraksi DPRD Kukar tahun 2024-2029 serta Pembentukan Tim Penyusun Tiga Produk Hukum Non Raperda DPRD Kukar, Kamis (22/8/2024).

Adapun enam fraksi DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) periode 2024-2029 telah ditetapkan. Meliputi Fraksi PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra, PAN, Nasdem dan PKB PKS.

Menurut Ketua Sementara DPRD Kukar Farida mengatakan kepada sejumlah awak media pada rapat paripurna ke-3 ini, menjelaskan bahwa ke enam fraksi tersebut telah di sahkan dan di tetapkan.

Hari ini kami semua sepakat untuk membacakan nama-nama fraksi dan unsurnya,” ucap Farida dalam Rapat Paripurna di ruang rapat utama DPRD Kukar.

Ia mengungkapkan dari semua partai sudah masuk, dan sebenarnya dari rapat paripurna pekan lalu sudah dibacakan nama-nama fraksi, namun disepakati hari ini dibacakan dan disahkan.

“Jadi ketua partai telah merekomendasikan nama-nama di fraksi sekaligus ketua fraksi, dan untuk Ketua Fraksi PDI Perjuangan ini dijabat Ibu Masniah,” ungkapnya.

Selain itu, dalam rapat Paripurna ini DPRD Kukar telah membentuk Tim Penyusun Tiga Produk Hukum Non Raperda DPRD Kukar yaitu Tata tertib, Kode Etik dan Tata Beracara Badan Kehormatan.

Politikus PDI Perjuangan ini menambahkan, setelah ini akan dibentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD) seperti pembentukan Komisi dan lainnya.

“Ini ditargetkan selesai akhir Agustus, ketua dan wakil ketua sementara tidak bisa membentuk AKD, ini menunggu unsur pimpinan yang akan ditetapkan dalam waktu dekat,” jelas Farida.

“Semoga dengan telah di tetapkannya ke enam fraksi ini, akan cepat menyelesaikan tugas dan tanggungjawab anggota DPRD Kukar,” bebernya. (Zlf/ADV)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *