Anggota DPRD Kukar Terpilih 2024-2029 Resmi Dilantik

INSPIRATORNEWS.COM TENGGARONG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Kartanegara terpilih hasil Pemilihan Legislatif tahun 2024 resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong di ruang rapat paripurna DPRD Kukar di Jalan Wolter Monginsidi, Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong, Kukar, Rabu (14/8/2024).

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kukar, Ridha Darmawan mengatakan, untuk kegiatan kedewanan akan dipimpin oleh ketua dan wakil ketua sementara, yakni Farida dari partai PDI Perjuangan, dan Dayang Marissa Partai Golongan Karya (Golkar).

Tugas pimpinan sementara di antaranya pembahasan fraksi, tata tertib, kode etik hingga komisi-komisi. Hari ini, DPRD Kukar telah bersurat kepada masing-masing ketua partai untuk segera membentuk fraksi.

“Dalam proses pembuatan alat kelengkapan dewan (AKD) dibuat ketua sementara, sebelum disahkan ketua definitif,” kata Ridha.

Untuk urutan fraksi dan alat kelengkapan dewan, ada tenggang waktu hingga 19 Agustus 2024. Ketua DPRD Kukar sementara juga akan berkirim surat ke partai politik dengan suara terbanyak untuk segera mengusulkan nama-nama yang akan dijadikan unsur pimpinan definitif.

Untuk diketahui, ada 45 Anggota DPRD Kukar pada masa jabatan 2024 hingga 2029 ini. Puluhan anggota dewan ini mewakili enam daerah pemilihan (Dapil).

Dapil I mewakili Kecamatan Tenggarong. Dapil II yang menaungi Kecamatan Tenggarong Seberang, Sebulu dan Muara Kaman.

Dapil III untuk kecamatan Marangkayu, Muara Badak dan Anggana. Dapil IV untuk kecamatan Samboja, Muara Jawa dan Sangasanga.

Dapil V kecamatan Loa Janan, Loa Kulu dan Samboja Barat.

Dan Dapil VI yang mewakili Kecamatan Kota Bangun, Kota Bangun Darat, Kembang Janggut, Tabang, Kenohan, Muara Muntai dan Muara Wis.

Dan dari 45 anggota terpilih ini, ada 16 kursi yang diisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), sembilan kursi dari Partai Golongan Karya (Golkar), enam kursi dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Pelantikan tersebut, dihadiri sejumlah anggota dewan sebelumnya, yang juga terpilih sebagai dewan yang baru. Kemudian forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) dan para pendukung masing-masing dewan serta ratusan masyarakat Kutai Kartanegara. (Zlf/ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *