Abdul Rasid: Tahun ini Rp 45 M Di Alokasi Untuk Proyek Kanal Pengendali Banjir Di Tenggarong

INSPIRATORNEWS.COM TENGGARONG – Guna untuk menekan permasalahan banjir di wilayah Kutai Kartanegara khususnya Kota Tenggarong telah dialokasikan sebesar Rp45 miliar dan akan segera di laksanakan pembangunannya.

Terkait hal tersebut Ketua DPRD Kutai Kartanegara Abdul Rasid, mengatakan Pada tahun 2024 ini, pemerintah daerah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 45 miliar untuk tujuan menggarap proyek kanal banjir di Tenggarong,”kata Rasid di Kantor DPRD Kukar Senin (29/7/2024).

Menurut Abdul Rasid, Sebagaimana diketahui, Kecamatan Tenggarong menjadi lokasi yang dipilih untuk menggarap proyek tersebut dikarenakan ibu kota Kabupaten Kukar itu merupakan kawasan rawan genangan air.

Penggunaan anggaran ini adalah di antaranya Rp 32 miliar untuk pembangunan kanal banjir di Taman Kota Raja Tenggarong, Rp 6 miliar untuk kanal di Jalan Djafar Seman, Kelurahan Baru, dan Rp 7 miliar untuk perbaikan drainase di sekitar komplek Kantor Bupati Kukar.

“Secara teknis, pembangunan kanal banjir di Tenggarong akan dilakukan seefektif mungkin untuk minimalisir genangan air dengan cepat,” ungkapnya.

Meskipun terendam, air di kawasan tersebut segera surut karena aliran air sudah diperbaiki. Mengingat, Perumahan Tambak Rel yang mana berada di daerah cekungan.

“Alhamdulillah dengan drainase yang dibangun ini akan membuat air disana tidak tergenang. Insyaallah berkaitan dengan drainase kita perbaiki,” pungkas Rasid.

Selain itu, pemerintah daerah juga sedang melakukan sejumlah perbaikan drainase yang diketahui rusak maupun terjadi sedimentasi.

Seperti pembenahan drainase di sebagian Jalan Gunung Belah, Jalan Mangkuraja yang berada di Kelurahan Loa Ipuh. Selanjutnya di Jalan Pesut dan Jalan Naga yang berada di Kelurahan Timbau. Pun kerap terjadi genangan ketika hujan turun dengan deras dan intensitas lama.

“Kami doakan semoga semua proses pembangunan infrastruktur di Kutai Kartanegara semua berjalan lancar dan tepat waktu,” pungkasnya. (Zlf/ADV)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *